Jumat, 09 Maret 2018

Macam Macam Tumbuhan Dan Manfaatnya

Kembali lagi di situs kami ini, disini kami akan memberikan informasi terkait Macam Macam Tumbuhan Dan Manfaatnya. Yuk mari simak ulasanya berikut ini.

Berikut Macam Macam Tumbuhan Dan Manfaatnya

Bunga Kenop

Bunga Kenop banyak ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak dan obat radang mata.

Kandungan kimianya yaitu Gomphrenin I, Gomphrenin II, Gomphrenin III, Gomphrenin V, Gomphrenin VI dan amarathin. Kandungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak. 

Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata), adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik dan memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol.

Sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena senyawa aktifnya, yakni Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).

Handeuleum

Handeuleum (Graptopthyllum pictum) adalah jenis tumbuhan perdu berbatang tegak yang biasanya tumbuh liar di daerah dataran rendah, meski sekarang juga banyak ditanam juga sebagai tanaman hias di halaman rumah. Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati wasir, memar-memar di badan, juga sembelit.

Ciplukan

Ciplukan atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Physialis angulata adalah jenis tanaman liar yang akan sangat umum kita jumpai terutama di daerah persawahan.

Seledri

Sayuran ini biasanya sering dijumpai dalam berbagai jenis makanan seperti lalapan. Untuk mengobati penyakit rematik, cukup siapkan satu tangkai satu seledri kemudian dimakan sebagai lalapan tiga kali sehari.

Jambu biji

Buah ini mempunyai vitamin C yang cukup tinggi sehingga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun dibalik itu semua, Jambu biji juga bisa dijadikan obat untuk Kencing Manis. Caranya siapkan 1 buah Jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong. Kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.

Kubis
Kubis merupakan jenis sayuran yang biasanya dapat ditemui di setiap jenis masakan, terutama lalapan. Nah, ternyata ada fakta unik yang dapat kamu ketahui dari kubis ini, yaitu dapat melindungi tubuh dari sinar radiasi yang berasal dari sinar x-ray, komputer ataupun gadget. Caranya, sediakan 25-30 gram kubis, lalu makan mentah-mentah sebagai lalapan. Atau bisa juga dengan membuat jus dengan cara menyiapkan ¼ bagian kubis segar berukuran sedang lalu cuci sampai bersih, bilas dengan air matang, lalu potong-potong seperlunya. Jus kubis tersebut, lalu minum sarinya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik, ya.

Itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...