Selasa, 24 April 2018

Manfaat Lempuyang Bagi KesehatanTubuh

Selamat datang di blog www.artikelkesehatan08.blogspot.co.id yang akan selalu memberikan informasi seputar kesehatan dan juga akan memberikan tips pengobatan untuk berbagai macam penyakit kronis maupun non kronis secara alami, aman, tanpa menimbulkan efek samping negatif. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh, simak penjelasanya berikut ini.

Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh


Lempuyang yaitu sejenis rempah-rempah yang berkhasiat obat. Rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat. Lempuyang atau puyang adalah salah satu bahan utama jamu yang cukup populer, jamu cabe puyang. Baca juga: 6 Jenis Tanaman Obat Untuk Asam Urat

Lempuyang diketahui mampu menginduksi apoptosis sel-sel kanker. Hasil kajian di Jepang menemukan bahwa ekstrak rimpang lempuyang 
dapat menekan pertumbuhan sel-sel melanoma pada mencit percobaan. Efek penekanan (inhibitor) diketahui terjadi melalui penghambatan terhadap ekspresi gentirosinase pada sel melanoma.

Ciri-ciri tanaman herba lempuyang:
  • Batang : batang semu berupa kumpulan pelepah daun yang berseling, di atas tanah, beberapa batang berkoloni hijau.
  • Rimpang : merayap, berdaging, gemuk, aromatik. sebelah luar berwarna coklat muda, irisan melintang warna kuning muda, Rasanya pahit pedas, berbau aromatic khas lempuyang pahit.
Khasiat Dan Manfaat Lempuyang:

1. Menyembuhkan Ambeien:
3/4 jari lempuyang dicuci, diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan garam sedikit. Minum airnya 2x sehari, 1 sendok makan. Baca juga: Ciri-Ciri Penyakit Servisitis Dan Cara Mengatasinya

2. Menyembuhkan Kaki Bengkak Sehabis Melahirkan:
Rimpang lempuyang, cabai jawa, dicuci, dilumatkan. Beri air secukupnya. Peras dengan kain. Airnya diminum.

3. Menambah Nafsu Makan:
3 jari lempuyang dicuci, diparut. Beri 3 sendok teh air. DIminum 3x sehari 1 sendok teh sebelum makan.

4. Menyembuhkan Cacingan:
Lumatkan 2 jari rimpang lempuyang, 3 bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci. Beri air 1/2 gelas. Peras. Minum 2x sehari, 2 sendok makan.

5. Menyembuhkan Gatal-Gatal:
Seibu jari lempuyang dicuci, diparut. Beri 1/2 gelas iar. Peras. Biarkan mengendap. Ambil cairannya untuk diminum 1x sehari sampai sembuh.

Itulah sekilas tentang Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga Bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 


Baca Juga Artikel Lainya:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...